Skip to content

IBD

October 19, 2012

Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang astinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari th humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof Dr.Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :
1.Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah
2.Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.
3.Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
Pengetahuan budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disilpin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai hiding keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik,dll.

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yagn telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :
1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD.

 

http://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/

 

 

Pengertian facebook

Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.

Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Bagi yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru. Caranya bisa dilihat di artikel sebelumnya cara membuat facebook. Kita tinggal memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dsb seperti yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan langkah-langkah seperti yang diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang belum punya email, apakah bisa mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email dulu. Panduannya bisa dilihat di sini cara membuat email.

Sejarah facebook berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.

Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan.


facebook jg mempunyai tujuan yaitu :

(1) menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional,

(2) peningkatan proses dan mutu hasil pendidikan,

(3) peningkatan profesionalisme guru.” (Panduan pelaksanaan sertifikasi guru.

http://wiki.answers.com/Q/Pengertian_facebook_menurut_para_ahli

 

Trik/Tips Cara Main Facebook Yang Baik

1. Jangan Buka-Bukaan / Terlalu Jujur di Internet

Berikan informasi umum yang tidak spesifik agar informasi tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang ingin merugikan kita. Terlalu membuka diri di internet sangat tidak aman karena informasi yang sensitif mungkin akan bocor dan tersebar luas di masyarakat. Kalau tidak penting sebaiknya jangan mencantumkan alamat rumah, nomor telepon, alamat email dan lain sebagainya. Internet banyak dihuni penipu, jadi jangan terlalu polos bermain di dalamnya.

Upload foto kita seperlunya di dunia maya serta harus dalam keadaan baik, tidak mempermalukan kita maupun orang lain di depan orang banyak. Foto atau video yang asal-asalan tidak sesuai kode etik bisa menjadi bumerang pada kita. Gunakan foto untuk memudahkan teman lama kita dalam mengenali kita. Foto-foto pribadi yang kurang layak sebaiknya tidak diupload (jangan pernah) karena bisa saja bocor dihack orang yang tidak suka dengan kita.

2. Jangan Terlalu Kecanduan Sering Online

Batasi penggunaan harian main fesbuk karena bagaimana pun juga facebook hanyalah salah satu cara menghibur diri. Kita hidup di dunia nyata, jadi berbaurlah dengan orang di sekitar kita secara langsung dengan tatap muka secara wajar. Sebaiknya bertukar pesan dengan teman yang kita kenal di dunia nyata saja karena teman-teman baru yang doyan online bisa menyita waktu kita membalas pesan elektronik mereka.

Kegiatan facebuk cukup berkirim pesan seperlunya dengan teman asli, update status jika ada hal yang penting, publikasi event dan cari/tambah add teman asli yang benar-benar kita kenal. Sisa fitur yang lain gunakan seperlunya. Facebook hanyalah facebook, lebih baik persiapkan dan pikirkan masa depan kita di dunia nyata. Jangan lupa makan, tidur, sekolah, ibadah, dll saat menggunakan facebook.

3. Selektif Pilih Teman (Jangan Sembarangan)

Hati-hati dalam memilih teman untuk kita tambah jadi teman kita. Hindari menambah/mengadd orang-orang yang tidak kita kenal (asing) karena bisa saja mereka hanya ingin mencuri/mengumpulkan informasi dan data pribadi kita yang dapat digunakan untuk mencelakai kita. Oleh karena itu batasilah informasi dalam profil facebook kita. Bila perlu setting profile kita hanya bisa dibaca oleh teman/friend yang sudah kita approve.

4. Jadilah Smart, Waspadai Penjahat-Penjahat Internet

Internet adalah dunia bebas yang siap menghancurkan kita jika kita tidak pintar bermain di dalamnya. Maka dari itulah kita harus bisa mengidentifikasi dan mengetahui modus-modus para penjahat online dalam memperdaya korban di internet. Bisa jadi ada penjahat yang buat account dengan nama orang yang kita kenal, lalu pura-pura menjadi orang yang kita kenal untuk menipu kita. Jangan mau membayar apapun atau memberi password kita pada orang lain di internet walaupun teman dekat kita sendiri yang memintanya tanpa konfirmasi langsung di dunia nyata.

http://organisasi.org/tips-cara-sehat-dan-aman-bermain-facebook-facebookan-di-dunia-internet

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a comment